Tutorial

Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin dari Berbagai Aspek

Perbedaan genset diesel dan genset bensin pada dasarnya adalah jenis bahan bakar yang digunakan. Genset adalah alat yang berfungsi sebagai penghasil daya listrik dengan cara kerja mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik, kemudian energi mekanik tersebut diubah menjadi energi listrik. Berdasarkan bahan bakar yang digunakan, genset dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Dua diantaranya yaitu genset diesel dan genset bensin. Perbedaan genset diesel dan genset bensin dapat dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing.

Genset Diesel

Genset diesel adalah genset yang menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Kepadatan energi bahan bakar solar lebih tinggi daripada bahan bakar bensin sehingga energi yang dihasilkan oleh solar pun lebih banyak daripada bensin dengan volume yang sama.

  • Kelebihan Genset Diesel

Genset diesel memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  1. Memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi

Efisiensi yang bisa dihasilkan oleh mesin diesel secara teoritis adalah sekitar 75%.

  1. Ukuran mesin lebih kecil daripada genset bensin

Genset diesel memilki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan genset bensin. Genset diesel dapat menghasilkan torsi yang sama dengan genset bensin dengan ukuran mesin yang lebih kecil sehingga mesinnya lebih praktis.

  1. Lebih awet

Dibandingkan dengan genset bensin, genset diesel lebih awet dan tahan lama. Hal ini dikarenakan mesin diesel tidak menggunakan sistem electrical ignition starter dan juga kualitas lubrikan solar lebih bagus daripada bensin.

  1. Biaya Perawatan

Untuk genset diesel, biaya perawatan yang perlu Anda sediakan tentunya jauh lebih murah daripada genset bensin. Hal tersebut tidak terlepas dari segi keawetan dan kebandelan genset diesel.

  • Kekurangan Genset Diesel
  1. Suara yang ditimbulkan oleh genset diesel cenderung memiliki suara yang lebih kasar dibandingkan dengan genset bensin. Hal inilah yang membuat genset diesel lebih berisik dan mengganggu bagi yang sensitif terhadap suara.
  2. Tingkat polusi hasil pembakaran relatif tinggi

Genset Bensin

Bahan bakar yang digunakan oleh genset bensin adalah bensin. Seperti halnya genset solar, genset bensin juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

  • Kelebihan Genset Bensin
  1. Mesin genset dengan bahan bakar bensin cenderung lebih responsif
  2. Polusi yang dihasilkan dari pembakaran relatif rendah
  • Kekurangan Genset Bensin
  1. Genset bensin akan menghasilkan torsi yang maksimal setelah mencapai putaran yang tinggi
  2. Boros bahan bakar

Bahan bakar untuk genset bensin lebih boros dibandingkan dengan bahan bakar solar.

  1. Daya tahan mesin kurang bagus

Genset bensin lebih cepat panas daripada genset diesel. Hal ini dikarenakan proses pembakarannya menggunakan percikan api sehingga biaya perawatannya pun lebih mahal daripada genset diesel.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan genset diesel dan genset bensin di atas, Anda dapat membandingkan antara genset diesel dan genset bensin. Perbedaan genset diesel dan genset bensin selain dari bahan bakar juga terletak pada proses pembakaran. Genset bensin memulai pembakaran dari percikan bunga api, sementara genset solar memulai pembakaran dengan memanfaatkan kompresi udara. Berdasarkan kenyamanan, genset bensin menghasilkan suara yang lebih halus daripada genset diesel. Sedangkan dari segi performa, genset diesel memiliki torsi yang lebih besar daripada genset bensin. Dari segi keawetan, genset diesel lebih awet karena tahan banting. Perbedaan genset diesel dan genset bensin yang terakhir yaitu dari segi biaya perawatan, genset diesel memerlukan biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan genset bensin.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment