Kegunaan

5 Tips Memilih Genset yang Bagus dan Berkualitas

Tips memilih genset sebelum membeli menjadi hal yang perlu Anda ketahui agar genset yang Anda dapatkan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Genset merupakan alat penyuplai listrik terutama ketika listrik dari PLN padam atau sedang ada pemadaman bergilir. Usaha-usaha tertentu yang berbasis elektronika dan membutuhkan listrik untuk pengoperasiannya biasanya membutuhkan genset agar bisnisnya tetap berjalan. Bisnis tersebut seperti fotokopi ataupun warnet. Selain mendukung kebutuhan usaha, genset juga bisa dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan listrik rumah tangga. Berikut ini ada beberapa tips memilih genset yang perlu Anda ketahui.

  1. Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum membeli, Anda sebaiknya memastikan dahulu genset yang akan Anda beli tersebut untuk keperluan apa. Genset untuk keperluan usaha tentu berbeda kapasitasnya dengan genset untuk suplai listrik rumah tangga. Sebaiknya Anda membeli genset dengan kapasitas daya listrik 30% lebih tinggi daripada total daya listrik yang Anda butuhkan. Pembelian genset dengan daya yang lebih besar untuk mengantisipasi apabila Anda menambah penggunaan alat listrik lainnya.

  1. Memilih Jenis Bahan Bakar

Genset yang ada di pasaran sangat beragam, salah satunya yaitu dilihat dari segi bahan bakar yang digunakan. Pilihlah genset dengan bahan bakar yang mudah didapatkan di tempat tinggal Anda dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Apa gunanya memiliki genset apabila bahan bakar yang digunakan termasuk langka di daerah Anda sehingga genset yang Anda miliki pun tidak dapat dimanfaatkan ketika listrik padam.

  1. Pilih yang Pengoperasiannya Mudah

Tips memilih genset berikutnya yaitu memilih genset dengan sistem operasi yang mudah. Apabila pengoperasiannya sulit, maka penggunaan genset pun akan terhambat karena Anda tidak dapat mengoperasikannya sendiri sehingga perlu menunggu bantuan orang lain yang dapat mengoperasikannya. Sebelum membeli, tanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya tentang cara mengoperasikannya. Jika pengoperasiannya dapat Anda pahami dan dapat dipraktekan dengan mudah, maka pilihlah genset tersebut.

  1. Beli Genset dengan Merk yang Berkualitas

Sebelum membeli genset, kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut bisa Anda peroleh dari internet ataupun bertanya langsung kepada orang yang pernah menggunakannya. Testimoni dari orang yang sudah memakai genset dengan merk tertentu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki genset merk tersebut. Periksa juga tentang ketersediaan spare part genset tersebut dan service center-nya. Walaupun harganya murah dan kualitasnya menjanjikan, tetapi spare part-nya susah dicari sebaiknya merk tersebut tidak Anda pilih. Bagaimanapun juga, suatu alat pasti ada saatnya mengalami masalah dan harus mengganti atau memperbaiki spare part-nya. Jadi, apabila spare part-nya susah didapat, maka genset tersebut hanya bisa dipakai sekali saja karena kalau rusak tidak dapat diperbaiki. Genset yang kualitasnya bagus biasanya ditandai dengan banyaknya pemakai dan tersedianya spare part di pasaran. Jadi, Anda perlu memperhatikan juga merk apa yang sudah banyak dipakai oleh orang lain.

  1. Beli di Toko yang Terpercaya

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebagai tips memilih genset yaitu memperhatikan kredibilitas toko yang menjual genset tersebut. Pilihlah toko yang menjual produk resmi dan berkualitas serta melayani dengan baik pasca pembelian. Toko yang bagus biasanya menawarkan produk dengan memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu sehingga pembeli dapat mempertimbangkan pemilihan merk sebelum membeli. Pilih juga toko yang pelayanan pasca pembeliannya bagus. Hal itu dapat dilihat saat pengurusan garansi. Perhatikan testimoni dari konsumen toko tersebut mengenai pengurusan garansi ketika genset yang Anda beli bermasalah.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment