Berita

6 Jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya

Jenis genset bermacam-macam, ada genset murah, maupun genset mahal. Genset adalah kependekan dari Generator Set. Genset adalah mesin yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Genset sering digunakan sebagai cadangan sumber listrik untuk sekolah, kampus, atau acara hajatan. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu listrik dari PLN mati, maka acara yang sedang berlangsung tidak akan terganggu. Misalnya acara hajatan, pernah tidak Anda mendatangi suatu hajatan tiba-tiba listrik mati sehingga acaranya menjadi berantakan? Biasanya, pihak penyelenggara hajatan menyewa genset untuk mengatasi hal tersebut. Untuk sekolah, Khusus sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer biasanya menyediakan genset untuk mengantisipasi terjadinya gangguan listrik saat ujian nasional sedang berlangsung. Oleh karena itu, genset menjadi salah satu piranti penting yang diperlukan dalam kehidupan zaman sekarang terutama untuk penyuplai listrik.

Prinsip Kerja Genset

Generator yang digunakan dalam genset ada dua jenis yaitu generator DC dan generator AC. Generator DC merupakan alat penghasil arus listrik searah, sedangkan generator AC merupakan penghasil arus listrik bolak-balik. Genset merupakan mesin pembakaran dengan prinsip kerja sebagai berikut:

  • Bahan bakar dalam mesin pembakaran sebagai energi kimia akan diubah menjadi energi mekanik
  • Generator akan mengubah energi mekanik tersebut menjadi energi listrik

Jenis Genset

Genset yang ada di pasaran memiliki beberapa jenis. Berdasarkan bahan bakar yang digunakan, genset dibagi menjadi berikut:

  1. Genset Diesel

Pembangkit listrik yang sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah mesin diesel. Mesin diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel pada tahun 1893 dengan bahan bakar solar. Cara kerja mesin diesel menggunakan hukum Charles yaitu suhu akan naik jika udara dikompresi. Mesin diesel dipilih menjadi salah satu genset karena dapat menghasilkan daya yang cukup bervariasi. Kapasitas dayanya antara 5000 – 2.000.000 watt.

  1. Genset Bensin

Genset bensin menggunakan bahan bakar bensin untuk bisa beroperasi. Untuk genset jenis ini, kapasitas daya maksimum yang dapat dihasilkan adalah 10.000 watt. Mesin genset ini sering dipilih oleh banyak orang karena harganya yang relatif murah dan pengoperasiannya pun cukup mudah.

  1. Genset Gas

Bahan bakar yang digunakan oleh genset ini adalah gas. Bahan bakar gas tersebut dapat berupa Liquid Petroleum Gas (LPG) maupun Compressed Natural Gas (CNG). Genset gas dengan bahan bakar LPG sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga karena mudah diperoleh, sedangkan untuk industri seringnya menggunakan genset gas dengan bahan bakar CNG. Untuk menggunakan bahan bakar CNG dibutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus memasang instalasi pipa untuk mengalirkan gas, namun bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama yaitu lebih dari 10 tahun.

  1. Genset Turbin

Genset turbin dapat menghasilkan daya dengan kapasitas sebesar 2 MW. Jenis genset ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi listrik dalam kota kecil sehingga dapat dibeli dengan patungan karena harganya tidak murah.

  1. Genset Urine

Genset urine ini ditemukan oleh 4 pelajar yang berasal dari Afrika. Dalam percobaannya, genset urine membutuhkan sebanyak 1 liter urine agar dapat menyalakan listrik selama 6 jam.

  1. Genset Matahari

Seiring dengan berkembangnya teknologi, para peneliti pun mulai mengembangkan energi terbarukan yang memanfaatkan energi panas dari matahari. Genset matahari ini biasanya dipasang bersamaan dengan instalasi panel surya. Jenis genset ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga, misalnya untuk memanaskan air dan juga pendingin kamar.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment