Tutorial

6 Cara Menggunakan Genset Dengan Aman

Cara menggunakan genset dengan aman memang sangat perlu dilakukan, hal ini merupakan salah satu kewajiban bagi anda untuk mengetahui mengenai genset da sistem keamanannya. Hal ni cukup bagus untuk anda dimana dengan menggunakan genset anda akan mendapatkan banyak sekali kelebihan dan lebih praktis dibandingkan menggunakan yang lainnya. Pastinya genset dapat digunakan untuk menghidupkan sebuah daya listrik mulai dari kekuatan yang kecil hingga besar hal ini memang sejalan dengan fungsinya. Generator set ini yang memang disusun untuk menghasilkan daya pada suatu massa memang menjadi kelebihan tersendiri. Ternyata ada yang sangat penting yang perlu diketahui bagi mereka teknik pemula atau kaum awam yang mempunyai genset dan ingin menyalakannya. Genset sendiri merupakan salah satu alat yang sudah cukup banyak digunakan oelh kaum awam dan berikut beberapa kiat yang perlu anda ketahui supaya safety dalam menyalakan genset.

  1. Periksalah bahan bakar.

Memeriksa bahan bakar merupakan salah satu hal yang teramat penting dan utama karena apabila anda memeriksa bahan bakar anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan yaitu ketika akan menyalakan anda tidak akan kesusahan dan tidak akan terjadi konslet. Untuk jenis portable genset sebaiknya anda menggunakan bahan bakar premium  dan apabila kosong anda dapat mengisi secukupnya supaya lebih awet genset anda.

  1. Periksa pemulas mesin.

Hal yang kedua yang juga teramat penting adalah mengisi oli yang mana oli tersebut juga dapat diisi dengan penuh, hal ini menjadi salah satu kelebihan untuk anda dimana apabila menggunakan pelumas dengan kegunaan bagi mesin genset akan menstabilkan tenaga genset, hal ini teramat penting karena dengan tenaga genset yang stabil maka genset akan aman dan tidak panas ketika digunakan.

  1. Periksa kondisi dari accu.

Accu sendiri dapat diperiksa dengan cara langsung ke bagian pengecekan start langsung, jika accu yang digunakan masih baik maka akan kontak secara langsung accu tersebut. Namun apabila beberapa kali ditekan dan sulit maka accu dipastikan sudah melemah.

  1. Prinsip genset bensin.

Ternyata ada beberapa cara menyalakan genset, genset bensin lebih rumit ketika dinyalakan dan lebih menggunakan sistem manual. Ada beberapa yang harus diperhatikan sebagai berikut:

–               Memastikan melakuan choke genset sebelum menyalakan, mengubah posisi choke untuk memudahkan menyalakan.

–               Posisi choke didekatkan dengan karburator dan biasanya digunakan logo segitiga.

–               Pastikan posisi dari tuas choke yang berada di posisi logo segitiga.

–               Posisikan saklar mesin eigine  switch pada posisi on.

  1. Pemanasan.

Lakukan pemanasan genset dengan menyalakan tanpa menggunakannya terlebih dahulu, hal ini sangat penting karena dengan genset yang dinyalakan maka bagian dari genset sendiri sudah dapat digunakan tanpa terjadi resiko konslet yang berlebih. Hal ini cukup penting untuk anda karena pada dasarnya genset yang langsung digunakan akan memicu adanya muatan tertentu.

  1. Mematikan genset.

Mematikan genset merupakan salah satu cara yang sangat sederhana namun sangat primer, ketika bahan bakar mulai habis atau genset sudah tidak dipakai maka segera matikan untuk meminimalisir boros bahan bakar. Selain itu hal ini juga bagus untuk membuat genset dapat beristirahat setelah lama digunakan. Biasanya hal ini juga akan mengurangi potensi konslet.

Itulah beberapa hal mengenai cara menggunakan genset yang aman bagi anda dan tentunya memberikan banyak sekali pengalaman untuk anda. menggunakan secara benar merupakan salah satu hal yang penting bagi keselamatan anda dna sekitar karena tidak memungkinkan terjadi ledakan apabila terjadi salah pasang dan prosedur penyalaan.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment