Uncategorized

Keuntungan Menggunakan Lampu Tenaga Surya Dibanding Lampu Taman Biasa

harga panel surya

Sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil listrik satu di antaranya ialah sinar matahari. Telah banyak bentuk pemanfaatan energi tersebut, termasuk untuk lampu penerangan di dalam dan di luar rumah. Lampu yang bisa dinyalakan dengan bantuan energi sinar matahari disebut lampu tenaga surya. Sampai sekarang, lampu jenis itu digunakan untuk penerangan jalan atau sebagai lampu lalu lintas.

Lampu panel surya dibuat agar energi yang berlimpah-limpah dari matahari bisa dimanfaatkan. Di negara kita sendiri, lampu tenaga surya tersebut termasuk baru karena mulai dipasarkan sekitar bulan Maret 2009.

Keuntungan Menggunakan Lampu Tenaga Surya

Di bawah ini beberapa keuntungan yang didapat apabila Anda menggunakan lampu tenaga surya:

  1.     Sumber energi listrik tidak terbatas. Matahari akan terus ada selama kehidupan ini masih berlangsung. Jadi, energi listrik yang dihasilkan pun tidak terbatas atau tidak pernah habis. Apalagi, Indonesia ialah negara yang letak geografisnya berada di jalur khatulistiwa serta menerima panas sepanjang musim. Hal itu bisa menjadi nilai tersendiri karena penggunaannya lebih maksimal daripada di daerah kutub.
  2.     Hemat biaya. Memanfaatkan lampu tenaga surya bisa diibaratkan seperti membeli barang dengan penawaran ‘buy one, get one’. Sebab, lampu tersebut tidak pernah padam, kecuali energi dalam baterainya habis dan bisa membantu Anda menghemat tagihan listrik. Dengan perhitungan harga panel surya yang lebih seksama akan terlihat jelas perbedaannya. Hal itu dikarenakan tagihan listrik untuk penggunaan lampu taman berkurang apabila Anda memanfaatkan lampu dengan energi matahari ini.
  3.     Ramah lingkungan. Bahan yang dipakai untuk membuat lampu tenaga surya sangat ramah lingkungan. Baterai grand-cell yang digunakan untuk menyimpan energi listrik pun tidak mengandung bahan alkali dan kadmium.
  4.     Tidak menggunakan bahan bakar dan bebas polusi. Lampu tenaga surya tidak dinyalakan dengan bahan bakar, kecuali energi dari matahari. Sehingga, Anda seperti menikmati sesuatu secara gratis atau cuma-cuma. Apalagi, ke depannya penggunaan lampu itu tidak menimbulkan masalah. Tidak ada polusi yang dihasilkan dari lampu ini.
  5.     Tidak memerlukan perawatan khusus. Salah satu hal yang membuat seseorang malas ialah merawat sebuah barang. Jadi, tak sedikit dari mereka yang enggan memilih barang bagus, namun perawatannya sulit dan mahal. Berbeda dengan lampu tenaga surya yang diletakkan di taman karena Anda hanya perlu mengelap kotoran pada permukaan solar cell supaya tidak menutupi energi dari sinar matahari yang diterima. Selain itu, lampu tersebut juga anti jamur dan anti karat, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus.

Kesimpulannya, dengan memakai lampu tenaga surya Anda sama dengan membantu melestarikan lingkungan dan menghemat penggunaan listrik. Jadi, biaya tagihan listrik maupun perawatan lampu itu bisa diminimalisir.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment