Kegunaan

Memilih genset yang berkualitas sesuai kebutuhan

Memilih genset yang berkualitas adalah hal yang wajib dilakukan saat Anda memutuskan akan membeli genset. Genset banyak dibutuhkan bagi sebagian besar unit kegiatan usaha menengah (UMKM). Untuk mengcover kebutuhan listrik saat proses produksi,  biasanya UMKM menggunakan bantuan listrik dari Genset. Genset juga digunakan sebagai cadangan listrik saat terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Minimarket dan restoran-restoran akan menggunakan bantuan genset saat listrik padam. Namun di daerah-daerah terpencil yang  belum terjangkau listrik genset tidak lagi digunakan sebagai cadangan listrik melainkan sebagai sumber listrik utama.

Ketika akan membeli genset sebaiknya Anda memilih genset yang memiliki kualitas yang baik. Hal ini bertujuan agar genset yang Anda beli tidak mudah rusak dan tidak mudah panas. Genset yang dijual di pasaran memiliki jenis yang beragam dengan spesifikasi tiap jenisnya yang berbeda. Pilihlah genset yang  tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips memilih genset yang tepat

Ada beberapa hal yang perlu Anda cermati sebelum membeli genset, hal-hal tersebut diantaranya :

  1. Menghitung kebutuhan listrik

Anda harus terlebih dahulu menghitung kebutuhan listrik yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih genset yang sesaui dengan kebutuhan listrik Anda. Jika membeli genset dengan daya listrik yang tidak sesuai, Anda bisa merugi. Genset dengan daya listrik  yang lebih kecil dari yang dibutuhkan akan menyebabkan genset tersebut tidak bisa digunakan dan bisa merusak peralatan elektronik yang tersambung. Sedangkan membeli genset dengan daya yang lebih besar akan membuat Anda lebih boros karena harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membeli bahan bakar. Oleh karean itu, Anda harus terlebih dahulu menghitung daya listrik yang dibutuhkan agar dapat memilih genset yang tepat.

  1.             Bahan bakar yang  digunakan

Memperhitungkan bahan bakar yang digunakan genset juga penting. Usahakan Anda memilih genset yang menggunakan bahan bakar dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan. Beberapa tipe genset menggunakan bahan bakar yang berbeda seperti bensin dan solar. Dari kedua jenis bahan bakar tersebut pilihlah jenis bahan bakar yang memiliki harga lebih terjangkau dan tentunya lebih hemat saat digunakan.

  1.             Membeli di toko yang tepat

Usahakan Anda membeli genset di toko yang memang benar-benar terpercaya dalam penjualan mesin dan alat eketronik. Pilihlah toko yang memberikan garansi. Ada 2 jenis garansi yang akan Anda dapatkan saat membeli sebuah mesin atau alat elektronik. 2 jenis garansi tersebut adalah garansi resmi produk dan garansi toko. Pilihlah toko yang memberikan kedua jenis garansi tersebut. Jika toko hanya memberikan garansi toko tanpa adanya garansi produk secara resmi maka patut dicurigai bahwa toko tersebut menjual barang yang tidak asli.

Membeli genset sesuai budget

Selain ketiga hal diatas Anda juga perlu mempertimbangkan harga genset yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tentunya hal ini akan lebih bersifat subjektif karena budget yang dimiliki oleh setiap orang berbeda. Jika memang Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli genset baru, Anda juga bisa memilih alternatif untuk membeli genset second. Akan tetapi Anda harus lebih teliti ketika akan membeli genset second. Pastikan genset tersebut dalam keadaan yang benar-benar baik. Genset second pasti kondisinya tidak akan bagus 100%. Tapi setidaknya pilihlah genset yang dalam keadaan minimal 75%. Perhatikan juga tahun pembelian genset. Penuhi kebutuhan Anda akan genset dengan memastikan memilih genset yang berkualitas.