Kegunaan

Cara merawat genset agar tidak mudah rusak

Merawat genset agar tidak mudah rusak dapat dilakukan dengan cara menjaga penggunaan genset tidak melebihi kapasitasnya. Karena menggunakan genset dengan melebihi kapasitas akan menyebabkan genset rusak. Genset merupakan kepanjangan dari generator set. Sebagai alat/mesin yang bisa menghasilkan listrik, genset digunakan untuk mengcover berbagai kebutuhan akan listrik. Biasanya genset akan digunakan jika listrik yang berasal dari PLN tidak bisa digunakan karena padam atau tidak sampai kedaerah tersebut. Genset akan banyak digunakan oleh penjual makanan kaki lima, minimarket dan pertokoan. Minimarket dan pertokoan menggunakan genset karena listrik padam. Namun pada penjual kaki lima menggunakan genset karena tidak memiliki saluran listrik PLN ditempatnya berjualan.

Mungkin Anda akan merasa kebingungan saat genset secara tiba-tiba tidak bisa digunakan atau rusak. Padahal Anda merasa sudah merawatnya dengan baik atau bahkan jarang menggunakannya. Genset merupakan yang proses perawatannya harus diperhatikan secara detail. Oleh karena itu jika merasa sudah merawat genset dengan baik namun tiba-tiba rusak, mungkin saja ada yang hal terlewat dari proses perawatan genset yang Anda lakukan.

Perawatan genset yang sesuai

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai bagian dari proses perawatan genset yang sesuai. Hal-hal tersebut diantaranya :

  1. Pastikan meletakkan genset di tempat yang kering

Anda harus memastikan hal ini dikarenakan jika genset di tempat yang basah atau berair akan menyebabkan genset menjadi cepat rusak. Meletakkan genset dibawah sinar matahari langsung juga tidak disarankan karena akan membuat genset menjadi cepat panas. Bahkan jika salah meletekkan genset dapat menyebabkan konsleting arus pada genset dan dapat menyebabkan genset terbakar. Oleh karena itu pastikan Anda meletakkan genset pada tempat yang sesuai.

  1.             Menjaga kebersihan radiator genset

Menjaga kebersihan radiator genset agar terhindar dari debu, oli dan minyak penting dilakukan. Hal ini akan membuat genset berkerja lebih optimal sehingga tidak mudah rusak. Bagian lain selain radiator juga penting dijaga kebersihannya. Hal ini merupakan bentuk perawatan standart yang sesuai untuk menjaga genset agar tetap awet.

  1.             Melakukan pengecekan sparepart

Melakukan pengecekan spare part penting dilakukan minimal setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui sparepart genset yang aus dan kemudian dapat melakukan penggantian. Sparepart yang sudah aus akan tidak optimal dalam bekerja sehingga membuat fungsi kerja genset secara kesuluruhan pun menjadi tidak optimal. Disfungsi genset dapat menyebabkan genset mati secara total dan tidak dapat digunakan kembali.

  1.             Memastikan sirkulasi udara saat genset beroperasi

Pada saat genset beroperasi pastikan genset mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Gas yang dihasilkan genset harus dapat disirkulasi ke ruang terbuka. Jika tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik saat beroperasi akan menyebabkan genset menjadi cepat panas dan racun yang berasal dari asap pembuangan genset pun tidak tersikulasi dengan baik dan akan membahayakan orang yang ada disekitar genset.

Menggunakan genset secara benar

Untuk meghindarkan genset dari kemungkinan cepat rusak anda juga harus memastikan untuk menggunakan genset dengan benar. Sebaiknya Anda membaca buku penduan atau buku petunjuk terlebih dahulu saat akan mengoperasikan genset untuk pertama kalinya. Cara untuk mengoperasikan setiap tipe genset berbeda akan berbeda pula tentunya. Hal ini merupakan bagian dari tindakan preventif agar genset akan tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Gunakanlah genset sesuai kapasitas dan fungsinya sebagi bagian dari cara merawat genset agar tidak mudah rusak.