Kegunaan

Tips dan Keuntungan Membeli Genset Bekas

Membeli genset bekas merupakan alterntif yang dilakukan sebagian orang ketika ingin membeli genset tetapi tidak memiliki dana yang cukup. Harga genset bekas akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga genset baru, bahkan perbedaan harga tersebut bisa berjarak hingga 30% untuk tipe genset yang sama. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan jika Anda bisa memiliki genset dengan tipe yang sama namun dengan harga yang sedikit lebih terjangkau. Masalah yang sering ditemui pada orang yang membeli genset bekas adalah ketidak tahuan untuk melakukan pengecekan genset untuk memastikan bahwa genset masih dalam kondisi yang baik.

Mengapa penting untuk memastikan genset masih dalam keadaan baik? tentunya hal ini akan berkaitan dengan fungsi kerja genset dan ketahanannya. Genset yang berada dalam kondisi yang tidak baik tentunya tidak dapat bekerja dengan optimal dan akan cepat rusak. Jika salah untuk melakukan pengecekan terhadap hal ini, Anda bisa menghadapi kerugian karena harus membayar biaya perbaikan genset atau bahkan mengganti genset karena tidak bisa digunakan kembali.

Tips membeli genset bekas

Ada berberapa hal yang perlu Anda lakukan saat membeli genset bekas. Hal ini berkaitan dengan budget, jenis genset dan kualitas genset itu sendiri. Tips ketika akan membeli genset bekas adalah sebagai berikut :

  1. Memastikan daya listrik yang dibutuhkan

Sebelum membeli genset bekas pastikan Anda menghitung jumlah daya listrik yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memilih genset yang menghasilkan daya listrik sebanding yang nantinya akan dibeli.

  1. Memastikan tipe genset

Setelah menghitung jumlah daya yang dibutuhkan, hal yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah memilih tipe genset yang akan dibeli. Dengan melakukan hal ini tentunya Anda akan lebih selektif dalam membeli genset karena Anda sudah memiliki tipe genset yang akan dibeli.

  1. Ajukan pertanyaan kepada penjual

Saat sudah bertemu dengan penjual genset bekas, ajukanlah beberapa pertanyaan yang bisa membuat mengerti keadaan genset yang akan dibeli. Pertanyaan yang diajukan dapat seputar berapa lama genset sudah digunakan ? untuk kebutuhan apa genset digunakan? Bagaimana proses perawatannya ? mengapa memutuskan untuk menjual genset? Bagaimana cara mengoperasikan genset ? masih adakah garansi resmi dari pihak produsen genset ? dan lain sebagainya. Jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda tentang bagaimana kondisi genset bekas sebenarnya. Penjual biasanya akan menjawab pertanyaan tersebut dengan kata-kata yang positif, oleh karena itu Anda harus menggali lebih dalam lagi dari jawaban-jwaban yang sudah diberikan penjual.

  1.  Merek genset

Anda juga dapat mengetahui keadaan genset dengan melakukan pengecekan terhadap merek dari genset tersebut. Biasanya beberapa merek tertentu sudah dipastikan akan mengeluarkan produk dengan kualitas yang baik. Namun untuk merek yang mungkin baru Anda ketahui atau tidak terkenal, Anda perlu melakukan riset lebih dalam dengan melakukan browsing di internet atau bertanya kepada orang yang ahli dibidangnya.

Membeli genset bekas lebih menguntungkan

Diatas sudah sedikit disinggung mengenai keuntungan membeli genset bekas. Dengan membeli genset bekas Anda akan mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama. Tidak setiap orang memiliki kondisi finansial yang sama, oleh karean itu membeli genset bekas digunakan sebagai pilihan bagi orang yang belum memiliki dana yang cukup untuk membeli genset baru. Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya dengan membeli genset bekas.